Selasa, 23 Oktober 2018

VISI, MISI DAN TUJUAN PT. SUCOFINDO (PERSERO)



TUGAS MATA KULIAH
MANAJEMEN STRATEGI
“Visi , Misi Dan Tujuan PT. Sucofindo (Persero)”






Dosen pengampu :
Drs. M. Farid Wajdi, Ph.D




Oleh :
Desi Rahmadini
P100170043



PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN
SEKOLAH PASCASARJANA
UNIVERISTAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2018

__________________________________________
I.         VISI DAN MISI
PT   SUCOFINDO   memiliki   visi,   misi,   dan   nilai-nilai   di   dalam perusahaan dimana hal ini juga tercantum di website perusahaan.
a.       VISI
Visi PT. SUCOFINDO (Persero) adalah menjadi perusahaan kelas dunia di bidang inspeksi, supervisi, pengkajian, dan pengujian yang independen dengan tekad memenuhi kepuasan pelanggan.
b.      MISI
Memberikan pelayanan jasa yang terbaik untuk mencapai kepuasan pelanggan melalui
   profesionalisme, jaringan yang luas, sistem manajemen terpadu, teknologi tepat guna dan
   penggunan standar yang diakui internasional.
-  Perusahaan sangat menghargai sumber daya manusia dan bertekad untuk mengembangkan mereka
    sepenuhnya
-  Perusahaan berupaya memenuhi kepentingan berbagai pihak terkait secara seimbang

II.      NILAI-NILAI PERUSAHAAN
1.      Fokus Pelanggan
Mengerti   kebutuhan   pelanggan,   memberi   solusi   serta pelayanan terbaik kepada pelanggan
2.      Inovasi
Selalu melakukan inovasi sesuai kebutuhan atau kecenderungan pasar dengan memanfaatkan kompetensi dan teknologi, serta melakukan terobosan dalam proses kerja agar menjadi lebih efektif dan efisien
3.      Kompeten
Mengembangkan sikap individu yang dapat diandalkan dan memiliki kompetensi yang sesuai standar.
4.      Integritas
Mengutamakan    kejujuran,    transparasi    dan   konsistensi antara pikiran, perkataan dan perbuatan.
5.      Independensi
Bebas  dari  pengaruh  dan  kepentingan  pihak  luar perusahaan.
6.      Kewirausahaan
Selalu menciptakan peluang usaha, jejaring, dan berani mengambil  risiko  dengan  tetap  mempertimbangkan  profitabilitas dan risiko.
7.      Kerjasama
Bekerja sama untuk mencapai tujuan perusahaan melalui sinergi  berdasarkan  prinsip  saling  percaya  dan  berbagi pengetahuan.


III.        TUJUAN PERUSAHAAN
Sebagaimana  tercantum  dalam  anggaran  dasar  perusahaan,  maksud dan tujuan perusahaan adalah :
1.      Melakukan usaha dibidang jasa survey dan inspeksi serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki perseroan untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat untuk mendapatkan  / mengejar  keuntungan  guna meningkatkan  nilai perseroan dengan menerapkan prinsip-prinsip perseroan terbatas.
2.      Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut diatas perusahaan dapat melaksanakan kegiatan usaha utama sebagai berikut :
a.    Pemeriksaan (inspeksi), pengawasan (supervisi),  pengkajian, pamantauan, pengujian, verifikasi yang berkenan dan berkaitan dengan lapangan  usaha  indonesia  (KBLI)  yang  secara  umum  pada  bidang usaha.
b.     Survey keadaan barang muatan, sarana dan prasarana angkutan darat, laut dan udara berikut perlengkapannya.
c.       Sertifikasi, audit dan assesment yang berkaitan dan berkenaan dengan manajemen.
d.   Bantuan teknik dan konsultasi  yang berkaitan  dan berkenaan  dengan kegiatan tersebut.
e.  Penunjang  kegiatan  pertambangan,  pertanian,  perindustrian, perdagangan dan kesehatan.
3.      Selain kegiatan usaha utama, PT SUCOFINDO dapat melakukan kegiatan usaha dalam rangka optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki untuk jasa penyewaan dan pengusahaan sarana dan prasarana yang dimiliki perusahaan.

KOMENTAR

1.      Visi
            Menurut Wibisono (2006) Visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Sedangkan kepuasan pelanggan menurut Tse dan Wilton (1988) adalah respon pelanggan terhadap evaluasi ketidaksesuaian yang dirasakan setelah pemakaiannya. Sama seperti visi PT. Sucofindo (Persero) yang ingin menjadikan perusahaan sampai pada kelas dunia di bidang inspeksi, supervisi, pengkajian, dan pengujian yang independen dengan tekad memenuhi kepuasan pelanggan.

2.      Misi
             Menurut (Edwin A. Locke & Associates, Esence Kepemimpinan) Misi adalah tindakan strategis untuk meraih visi organisasi. Seperti halnya PT. Sucofindo (Persero) yang memiliki visi memberikan pelayanan jasa yang terbaik untuk mencapai kepuasan pelanggan melalui profesionalisme, jaringan yang luas, sistem manajemen terpadu, teknologi tepat guna dan penggunan standar yang diakui internasional.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar