TUGAS MATA KULIAH
MANAJEMEN STRATEGI
“Analisis SWOT PT. Sucofindo (Persero)”
Dosen
pengampu :
Drs.
M. Farid Wajdi, Ph.D
Oleh :
P100170043
PROGRAM
STUDI MAGISTER MANAJEMEN
SEKOLAH
PASCASARJANA
UNIVERISTAS
MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2018
_______________________________________________
ANALISIS SWOT PT. SUCOFINDO SURABAYA
A. Strengths
( Kekuatan )
Kekuatan yang ada dalam PT Sucofindo adalah sebagai berikut :
1.
Jaringan distribusi yang luas
Jaringan distribusi ini berpengaruh atas penguasaan konsumen, dengan adanya
jaringan distribusi yang laus maka hasil produksi akan tersebar dibanyak
daerah, konsumen mudah mngenal dan mendapatkan hasil produksi dari perusahaan,
dengan jaringan yang luas ini hasil produksi dapat lebih laku dipasaran,
dikarenakan konsumen yanag dicakup lebih luas.
2.
Pengalaman selama puluhan tahun
Dengan adanya pengalaman yang lama maka sebuah perusahaan akan lebih kuat
untuk bertahan, dengan pengalaman ini perusahaan terus belajar dan
memperbaharui diri, mengembangkan kekuatan untuk menutupi kelemahan-kelemahan
yang ada. Seperti pepatah “experience is the best teacher” dengan
belajar atas pengalaman yang sudah ada maka akan dapat bertindak lebih baik
lagi dibanding dengan periode-periode sebelumnya, oleh karena itu segala
masalah yang timbul akan mudah diselesaikan dengan belajar dari
pengalaman-pengalaman yang telah lalu.
3.
Brand Name yang terkenal
Seperti salah satu strategi yang ada yaitu “strategi kuasai dulu” dengan
adanya Brand yang sudah melekat pada konsumen akan lebih dapat
menarik minat konsumen untuk membeli produk dari perusahaan kita. Dengan
memonopili pasar dengan Brand yang dimiliki perusahaan mampu
mengalahkan Brand-brand baru yang muncul akibat
masyarakat lebih mengenal Brand perusahaan kita aterlebih
dahulu.
4.
Fasilitas yang lengkap
Fasilitas berhubungan dengan proses produksi dan pelayanan, dengan
penggunaan fasilitas yang baik atau lengkap maka kepuasan konsumen akan
tercapai.
5.
Kualitas jasa yang baik
Jasa yang berkualitas merupakan senjata ampuh untuk menarik minat konsumen,
tujuan awal sebuah usaha selain untuk mendapatkan keuntungan yanitu membuat
para customer merasa puas dengan produk atau layanan yang
diberikan perusahaan.
6.
Well-trained personnel
Kebaikan dalam pemberian pelayanan tidak serta merta muncul begitu saja,
akan tetapi didukung dengan adanya SDM yang kompeten, dengan dimiliki
pegawai-pegawai yang baik dan kompeten ini membuat para customer merasa
nyaman dalam proses pemberian pelayanan, berbeda dengan pegawai-pegawai yang
cenderung arogant dan emosional, sikap-sikap yang demikian justru akan membuat
para customer tidak betah dan memilih beralih ke perusahaan
lain, mengingat para pegawai merupakan roda penggerak dan cerminan dari
perusahaan.
7.
Lini jasa yang luas
Banyaknya jasa yang ditawarkan kepada konsumen membuat perusahaan ini lebih
menguasai pasar yang ada, melalui berbagai jasa yang ada maka perusahaan akan
lebih mudah dikenal oleh masyarakat, selain itu jika ada masyarakat yang membutuhkan
banyak jasa layanan dia tidak perlu berpindah-pindah ke tempat lain untuk
mendapatkannya.
8.
Penggunaan teknologi yang up-to
date
Penggunaan teknologi berkaitan dengan penggunaan layanan dan akses kedalam
perusahaan, dengan tekhnologi yang lebih canggih dibanding perusahaan lain maka
jasa pelayanan akan dapat terselesaikan dengan lebih mudah. Dengan kemajuan
tekknologi ini pula perusahaan dapat melakukan promosi yang lebih luas
mengingat penggunaan teknologi internet dapat diakses siapa saja dan dimana saja.
B. Weaknesses
( Kelemahan )
Kelemahan yang ada pada PT Sucofindo adalah sebagai berikut :
1.
Biaya operasional yang cukup
tinggi
Dengan adanya keunggulan yang ada di dalam PT. Succofindo juga menyebabkan
erjadinya suatu kelemahan yang mengakibatkan biaya operasional yang dikeluarkan
menjadi banyak dan tidak bisa menghasilakan keuntungan, melainkan mengakibatkan
adanya kerugian.
2.
Tarif jasa yang cukup tinggi
Apa yang diperoleh oleh suatu rekanan bisnis yang bekerjasama dengan PT.
Succofindo memang sepadan dengan hasil yang diterima tetapi tidak serta merta
membuat perusahaan itu senang. Karena apa yang dihasilkan harus dibayar dengan
jasa tarif yang mahal kepada PT. Succofindo.
3.
Pelayanan yang belum optimal
Pelayanan yang diberikan PT. Succofindo juga masih menyisakan adanya suatu
kekurangan di dalam melakukan pelayanan yang baik yang menyebabkan apa yang
diterima oleh rekanan kerja menjadi kurang optimal.
4.
Kurang tanggap terhadap keluhan
Kelemahan yang terjadi di PT. Succofindo juga masih menyisakan suatu
permasalahan yang diperoleh perusahaan lain yang memakai jasa PT. Succofindo
untuk bekerjasama karena kurang tanggapnya PT. Succofindo dalam menanggapi
keluhan rekan bisnisnya yang masih membutuhkan jasa untuk memperbaiki ISO yang
ingin dicapai dalam perusahaan tersebut.
5.
Marketing yang kurang kuat
Kami melihat di dalam PT. Succofindo masih mempunyai marketing yang belum
kuat dikarena masih kurangnya marketing di dalam PT. Succofindo untuk berpikir
lebih maju dan mengembangkan suatu ide-ide yang bisa membuat perusahaan tidak
kalah oleh perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama.
C. Opportunities (
Peluang )
Peluang yang ada pada pada PT Sucofindo adalah sebagai berikut :
1.
Kerjasama dengan surveyor luar negeri
Peluang yang diperoleh oleh PT. Succofindo yang paling besar agar lebih
maju yaitu menjalin kerjasama dengan perusahaan luar negeri sebagai wujud untuk
mengembangkan perusahaan supaya lebih dikenal baik di Indonesia maupun diluar
negeri sekalipun.
2.
Adanya standarisasi yang diinginkan
pasar dunia
Dengan melakukan kerjasama dengan perusahaan luar negeri membuat PT.
Succofindo juga harus menata standar yang diinginkan oleh pasar luar ngeri
supaya PT. Succofindo dapat dilihat oleh perusahaan lain, bahwa standar yang
digunakan juga mempunyai mutu yang tidak kalah.
3.
Perdagangan bebas
PT. Succofindo juga seharusnya melirik perdagangan bebas yang sudah
dilakukan di Indonesia sejak tahun 2010 sebagai sarana untuk menjalin kerjsama
dengan perusahaan asing dan menarik minat perusahaan luar negeri dengan
keunggulan-keunggulan yang terdapat di PT. Succofindo tersebut.
4.
Potensi pertumbuhan UKM
Dengan adanya UKM yang semakin banyak berkembang di Indonesia, seharusnya
juga membuat PT. Succofindo melihat peluang yang ada didalamnya agar bisa menjalin
kerjasama dengan UKM yang sudah berkembang untuk bekerjasama menggunakan jasa
PT. Succofindo yang telah mempunyai standar yang baik.
5.
Kebijakan pemerintah yang terkait dengan
jasa surveyor
PT. Succofindo seharusnya juga memanfaatkan pemerintah untuk menetapkan
jasa untuk perusahaan yang ingin menggunakan jasa penggunaan ISO agar lebih di
utamakan perusahaan BUMN yang menanganinya.
D. Treaths
(Ancaman)
Ancaman yang ada pada PT Sucofindo adalah sebagai berikut :
1.
Tarif yang lebih rendah dari kompetitor
yang kurang terdeteksi
Kompetitor yang tidak terdeteksi keberadaannya oleh PT. Succofindo dapat
menjadikan bumerang tersendiri dikarena adanya persaingan yang tidak sehat yang
menjadikan PT. Succofindo tidak bisa mengukur tarif yang di dapat kompetitor
jauh lebih rendah dari pada PT. Succofindo dan menjadi kompetitor lebih
diunggulkan dalam segi Tarif jasa yang dikeluarkan. PT. Succofindo juga harus
melihat pasaran harga yang dikeuarkan pesaingnya.
2.
Pertumbuhan kompetitor baru
Dengan lahirnya kompetitor-kompetitor baru menyebabkan semakin banyaknya
pesaing perusahaan sehingga perlu melakukan strategi khusus jika tidak ingin
kalah oleh kompetitor tersebut.
3.
Kondisi keamanan yang kurang kondusif
Dengan kondisi keamanan yang kurang kondusif menyebabkan ancaman tersendiri
bagi perusahaan. Sebab dalam suatu perusahaan jika tidak ada perlindungan
keamanan bagi orang yang bekerja di dalamnya, maka pekerjaan yang
dijalankan tidak bisa maksimal karena senantiasa dihantui rasa takut. Sehingga
kondisi yang menunjukkan perlindungan keamanan dan keselamatan sangat
diperlukan dalam suatu perusahaan.
4.
Kuota impor yang dibatasi
Dengan kuota impor yang dibatasi menyebabkan peluang pekerjaan perusahaan
akan berkurang, karena semakin dibatasi impornnya maka jasa pelayanan semakin
berkurang sehingga merupakan ancaman bagi perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar